RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK Negeri 3 kota jambi
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : XI/1 XI TGB 1
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 4 x 60 menit
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa
Inggris serta Level Novice
Kompetensi Dasar : Menceritakan
pekerjaan di masa lalu dan rencana kerja yang akan datang (Past events and
Future Plans)
Indikator :
Aspek
|
Indikator
|
Nilai
PBKB yang dikembangkan
|
Kognitif
|
·
Mengucapkan salam
pada saat bertemu dan berpisah (Greetings).
·
Mengkondisikan
kelas dengan mengabsen peserta didik (discipline).
|
Bersahabat/
komunikatif
|
Psikomotorik
|
·
Mengungkapkan
tentang kegiatan masa lampau dikemukakan dengan benar.
·
Mengemukakan
kegiatan di masa datang digunakan dalam tense yang benar.
|
Bersahabat/
komunikatif
|
Afektif
|
·
Guru
memberikan tes kepada siswa mengenai materi yang telah di pelajari.
·
Guru
menutup pelajaran dengan mengucapkan salam
|
Kreatif,
komunikatif
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat :
·
Siswa mengenal berbagai bentuk dan ungkapan kegiatan masa lampau dan masa yang
akan datang dengan tepat.
·
Siswa mampu menggunakan ungkapan kegiatan masa lampau dan
masa yang akan datang dengan tepat.
·
Siswa mampu menulis cerita tentang masa lampau dengan tepat.
·
Siswa mampu menceritakan cerita masa lampau dengan
tepat.
·
Siswa mampu membedakan berbagai bentuk tense yang di
gunakan untuk masa lampau dan masa yang akan datang.
II.
Materi Pembelajaran
A. Past Events (kejadian/peristiwa masa
lampau)
1. Past Tense
Aturan umum
1. Jika kata kerja itu berakhiran
dengan konsonan maka tambahkan -"ed":
-walk
|
walked
|
climbed
|
|
laughed
|
2. Tetapi
penambahan akhiran -"ed" bisa mengubah ucapan, oleh karena itu
konsonan harus digandakan, seperti:
-sip
|
Sipped
|
bukan:
siped
|
-net
|
Netted
|
bukan:
neted
|
-pad
|
Padded
|
bukan:
paded
|
-mop
|
Mopped
|
bukan:
moped
|
-sup
|
Supped
|
bukan:
suped
|
3. Jika kata kerja berakhiran
"e", maka cukup tambahkan "d":
-like
|
liked
|
-rate
|
rated
|
impeded
|
|
telephoned
|
|
refuted
|
4. Untuk kata kerja berakhiran
"y", ubah "y" menjadi "i" dan tambahkan
"ed":
carried
|
|
-copy
|
copied
|
-cry
|
cried
|
-spy
|
spied
|
-try
|
tried
|
Keterangan
waktu yang digunakan dalam Simple Past Tense:
yesterday
|
kemarin
|
Yesterday
morning
|
Kemarin
pagi
|
last year
|
tahun lalu
|
Last
Monday
|
Hari senin
lalu
|
last week
|
minggu
lalu
|
last month
|
bulan lalu
|
Last night
|
Tadi malam
|
earlier
|
Tadi
|
before
|
sebelum
|
just now
|
baru saja
|
An hour
ago
|
Sejam yang
lalu
|
two days
ago
|
dua hari
yang lalu
|
In 1990
|
Di tahun
1990
|
The other
day
|
Beberapa
hari yang lalu
|
A few
minute ago
|
Beberapa
menit yang lalu
|
Example:
Study the dialogues and practice in pair.
Maria :
where were you, Ben, when I visited you, last
night?
Beni :
Oh, I’m Sorry, Maria. A friend of me took me out for a talk.
Maria :
But, you didn’t answer my call as I was calling you up?
Beni :
I left my mobile phone on the bedroom unintentionally.
B.
Future tense ( Masa yang akan datang)
Keterangan waktu yang digunakan dalam
Simple Future Tense.
Tomorrow
|
besok
|
Next day
|
Keesokan
harinya
|
next week
|
minggu
depan
|
next month
|
bulan
depan
|
next year
|
tahun
depan
|
Next
|
berikut
|
To Night
|
nanti
malam
|
Beberapa contoh simple future
tense dengan fungsi-fungsinya adalah sebagai berikut.
Fungsi
|
Contoh Simple Future Tense
|
Simple
future tense untuk
membuat keputusan secara spontan untuk melakukan sesuatu.
|
I think
I’ll change my clothes.
(Saya pikir saya akan merubah baju.) |
You look
sleepy. I’ll give you a cup of coffee.
(Kamu tampak mengantuk. Saya akan memberimu secangkir kopi.) |
|
Simple
future tense untuk
memerediksi masa depan (tanpa rencana).
|
I will not
kiss you again.
(Saya tidak akan mencium kamu lagi.) |
Which
beach do you think will give the best experience?
(Pantai yang mana yang kamu pikir akan memberikan pengalaman terbaik?) |
|
She’ll be
happy.
(Dia akan bahagia.) |
|
The
tsunami will come.
(Tsunami akan datang.) |
|
I think
she will go.
(Saya pikir dia akan pergi.) |
|
Simple
future tense dengan
verb be untuk menyatakan sesuatu yang telah direncanakan atau diputuskan sebelum berbicara; janji di masa depan. |
she’ll be
back later.
(Dia akan kembali nanti.) |
They’ll be
there tomorrow.
(Mereka akan disana besok.) |
|
Simple
future tense dengan
“going to” untuk menyatakan sesuatu yang telah direncanakan,
diputuskan, atau diperkirakan akan terjadi berdasarkan bukti yang dimiliki
sekarang.
|
I’m going
to send this money tomorrow.
(Saya akan mengirimkan uang ini besok.) |
She is
going to go America to continue his study.
(Dia akan pergi ke Amerika untuk melanjutkan sekolahnya.) |
Example :
Work and Future Plans
Dialogue 1
Ani : What do you want to be when you grow up
?
Yuli :
I want to be a model.
Ani : But you don't look like a model.
Yuli :
Yes, I do. I am very beautiful.
Ani : OK, what kind of model do you want to be
?
Yani :
I don't know, I just want to be rich.
Dialogue II
Andi : What are your plans for tomorrow ?
Eko :
I plan to go to the shopping centre.
Andi : And what do you plan to do in the shopping
centre ?
Eko :
I don't know. I might just hang around.
Andi : Isn't that boring ?
Eko :
No, some of my friends will be there too.
III.
Metode
pembelajaran
1. Metode
Pembelajaran : Contextual Teaching and
Learning (CTL)
2. Metode :
Ceramah, Role Play, Penugasan, Tanya Jawab.
IV.
Kegiatan
Pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal : (10
menit)
1.
Apersepsi
1. Guru
membuka pelajaran
2. Memeriksa
kehadiran siswa dan memberikan motivasi
3. Guru mengatur kondisi kelas yang kondusif dan
mempersiapkan materi.
4. Me-review
materi yang telah disampaikan pada pertemuan
ke-3.
5. Guru menanyakan pada siswa tentang pengalaman
atau kegiatan masa lampau.
6. Guru menyampaikan tujuan dan manfaat
pembelajaran ungkapan tentang
kegiatan masa lampau dan masa yang akan datang.
Nilai PBKB yang
diharapkan :Religius, Disiplin, Kreatif
2.
Motivasi
1. Guru
Menjelaskan materi yang dibahas
2. Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Nilai
PBKB yang diharapkan : Rasa Ingin Tahu.
B.
Kegiatan
Inti
1.
Eksplorasi:
(10 Menit)
1. Guru
meminta perhatian siswa terhadap materi yang akan disampaikan
2. Guru
meminta kepada siswa mengucapkan kalimat-kalimat yang telah dipelajari pada
pertemuan sebelumnya.
Nilai
PBKB yang diharapkan : Disiplin, Rasa ingin tahu, Kreatif, Kerja keras
2.
Elaborasi
: (45 Menit)
1. Guru
memberikan contoh percakapan bentuk
masa lalu dan masa datang dengan baik dan benar
dalam suatu dialog.
2. Siswa
mempraktikkan contoh yang telah diberikan oleh guru dengan teman satu bangku.
3. Siswa
mengerjakan latihan / menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru.
4. Siswa
menyampaikan/melaporkan hasil pekerjaannya kepada guru.
5. Guru
mengevaluasi hasil kerja siswa
Nlai
PBKB yang diharapkan : Kreatif, Kerja Keras, Mandiri, Komunikatif
3.
Konfirmasi
: (10 Menit)
1. Siswa
menjawab pertanyaan guru seputar materi yang telah di ajarkan.
2. Guru
memberikan tugas-tugas tambahan sebagai penggayaan.
Nilai
PBKB yang diharapkan : Kreatif, Kerja keras, Mandiri, Komunikatif, jujur.
C.
Kegiatan
Penutup : (15 Menit)
1. Mengevaluasi
hasil belajar siswa
2. Guru bertanya pada siswa, apakah masih menemui
kesulitan dalam materi yang telah disampaikan.
3. Guru Bersama murid
menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
Nilai
PBKB yang diharapkan : Toleransi, Menghargai Prestasi, Komunikatip, Kreatif.
V. Penilaian
A. Exercise
Task 1. Read aloud and complete
the sentences using the word in bracket use the past tense.
Since
computers were first introduced to the public in the early 1980's, technology (change) ……………….a great deal. The first computers (be) ………….
simple
machines designed for basic tasks. They (have,
not) ………….. ..much
memory and they (be, not) …………….. very powerful. Early
computers were often quite expensive and customers often (pay) …………. thousands
of dollars for machines which actually (do)
……… very little. Most
computers (be) ……….. separate, individual
machines used mostly as expensive typewriters or for playing games.
Times (change)………… . Computers (become) ………….. powerful machines with very practical applications. Programmers (create) …………….. a large selection of useful programs which do everything from teaching foreign languages to bookkeeping. We are still playing video games, but today's games (become) ……………. faster, more exciting interactive adventures. Many computer users (get, also) ……………. on the Internet and (begin) ……….. communicating with other computer users around the world. We (start) ………… to create international communities online. In short, the simple, individual machines of the past (evolve) ……………….into an international World Wide Web of knowledge.
Times (change)………… . Computers (become) ………….. powerful machines with very practical applications. Programmers (create) …………….. a large selection of useful programs which do everything from teaching foreign languages to bookkeeping. We are still playing video games, but today's games (become) ……………. faster, more exciting interactive adventures. Many computer users (get, also) ……………. on the Internet and (begin) ……….. communicating with other computer users around the world. We (start) ………… to create international communities online. In short, the simple, individual machines of the past (evolve) ……………….into an international World Wide Web of knowledge.
Task 2. Complete the sentences for situations in the
future. Decide which tense you need to use.
1. Aaron is carrying two tyres – he
(change) the tyres of a car.
2. Next week is the beginning of winter and the
weather forecast says that there (be)
snow tomorrow.
3. That’s why many customers of the car
repair shop have made an appointment and (pass)
by today to get their winter tyres.
4. By the end of the day, Aaron
(mount) about 80 tyres.
5. He (be/probably)
tired after that.
6. It’s a lot of work for one day, but his
customers promise that next year, they (going)
have their tyres changed earlier.
7. That’s what they always say, but
they (forget/surely) about it by next
year.
8. Some customers have agreed that they
(come) for their cars tomorrow.
9. They have decided to go home by bus,
which (stop) in front of the car repair
shop every hour.
A.
Answer Key
Task
1:
1.
has
changed
2.
were
3.
did
not have
4.
were
not
5.
paid
6.
did
7.
were
8.
have
changed
9.
have
become
10.
have
created
11.
have
become
12.
have
also got
13.
begun
14.
have
started
15.
have
evolved
Task 2 :
1.
is going
to change
2.
will be
3.
are passing
4.
will have mounted
5.
will probably be
6.
will going to
7.
will surely have forgotten
8.
are coming
9.
stops
Mengetahui
Jambi,
17 september 2013
Guru
Pamong Mahasiswa Praktikan
Dra. Desmawati, M.Pd Musta’isin
NIP : 196203061988032003 NIM:
A1B208017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar